Tingkat Kematian Pasien Corona di RI 8,37%, Bagaimana Negara Lain?

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 21:19 WIB
WHO menyatakan virus corona COVID-19 sebagai pandemi. Pasalnya virus corona telah menyebar ke ratusan negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.
Ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Tingkat kematian kasus positif virus Corona di Indonesia mencapai 8,37% alias dua kali lipat ketimbang tingkat kematian positif virus Corona di dunia. Lalu bagaimana perbandingan tingkat kematian COVID-19 di Indonesia dengan negara lain?

Sebagaimana diumumkan juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, Rabu (18/3/2020), 19 orang positif virus Corona meninggal dunia, total orang positif Corona ada 227 kasus.

Persentase tingkat kematian atau case fatality rate (CFR) dihitung dengan cara membagi angka kematian dengan angka kasus yang terkonfirmasi sebagai positif Corona, dikalikan 100.

Hasil perhitungannya, Indonesia punya tingkat kematian 8,37% sejauh ini. Berdasarkan data WHO hingga berita ini dibikin, tingkat kematian akibat COVID-19 di dunia adalah 4,07%. Lalu bagaimana dengan negara lain? Apakah tingkat kematiannya setinggi Indonesia? Apakah Indonesia tertinggi?

Tinggi-rendahnya tingkat kematian akibat COVID-19 tidak selalu berbanding lurus dengan jumlah kematiannya. China, misalnya, ada ribuan orang tewas akibat pagebluk itu, namun tingkat kematiannya sejauh ini tidak setinggi Indonesia.

Di Sudan misalnya, tingkat kematian akibat COVID-19 sejauh ini tercatat 100%. Soalnya, di sudah hanya ada 1 kasus positif COVID-19 dan 1 orang tersebut tewas.

Apa pun itu, satu nyawa manusia sangat berharga. Tentu tidak ada yang setuju dengan adagium usang, "Kematian satu orang adalah tragedi, kematian jutaan orang cuma statistik."

Berikut ini datanya:

Selanjutnya
Halaman
1 2