Viral TPU di Jaksel Tutup Sementara karena Corona, Ini Faktanya

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 16:42 WIB
Di TPU Tanah Kusir tersedia delapan taman pemakaman umum (TPU) yang diperuntukkan bagi warga miskin. Khusus warga miskin dengan biaya pemakaman Rp 0, akan ditempatkan di Blok A3 atau bagian belakang TPU. Kedelapan TPU yang menyediakan fasilitas untuk warga miskin yakni TPU Tanah Kusir, Jeruk Purut, Grogol Selatan, Menteng Pulo, Tanjung Barat, Srengseng Sawah, Kampung Kandang dan Pisangan Jagakarsa. Rachman Haryanto/detikcom.
Ilustrasi TPU (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Sebuah spanduk larangan viral di media sosial terpasang di TPU Jakarta Selatan terkait antisipasi penyebaran wabah virus Corona atau COVID-19. Begini fakta sebenarnya terkait spanduk viral tersebut.

Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan Winarto menjelaskan ada kesalahan redaksional pada spanduk yang sempat beredar viral di media sosial. Dia menyebut larangan tersebut bukan terkait penolakan pelayanan penguburan.

"Ada kesalahan redaksional dalam spanduk tersebut dan sudah diganti," kata Winarto saat dikonfirmasi, Rabu (18/3/2020).

Terlihat spanduk yang viral tersebut bertulisan 'Antisipasi Merebaknya COVID-19 Taman Pemakaman Umum Tutup Sementara Mulai 14 Maret - 30 Maret 2020'. Winarto mengatakan spanduk dengan kesalahan penulisan itu saat ini sudah diganti.

"Pelayanan yang ditutup untuk ahli waris yang ziarah, kedua untuk ahli waris yang urus perizinan tanah makam baik perpanjangan," ucapnya.

Winarto menegaskan pelayanan penguburan di TPU Jakarta Selatan akan tetap dilayani. Menurutnya, hanya kunjungan ziarah yang untuk sementara waktu dibatasi.

"Untuk pelayanan (penguburan) tetap berjalan, tetap dilayani," ujar Winarto.

Terlihat saat ini spanduk yang baru sudah diganti menjadi 'Antisipasi Merebaknya COVID-19 TPU Ditutup Untuk Ziarah dan Pelayanan IPTM Sampai Dengan Tanggal 31 Maret 2020'.

KSP: Transportasi Publik Harus Dikasih Disinfektan 2-3 Kali Sehari:

[Gambas:Video 20detik]



(maa/isa)