Waspada Corona, Objek Wisata Malino Ditutup

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 16:08 WIB
Hutan Malino
Hutan wisata Malino (Ibnu Munsir/detikcom)
Gowa -

Pemerintah Kabupaten Gowa turut menutup sementara objek wisata Malino sebagai langkah pencegahan pandemik Corona. Penutupan tersebut berlaku efektif selama 14 hari ke depan sejak hari ini.

"Kami menindaklanjuti edaran Pak Bupati, sehingga kami mengambil langkah ini (menutup Malino) setelah melalui pertemuan rapat muspika kecamatan," ujar Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz, dalam keterangan Pemkab Gowa yang diterima detikcom, Rabu (18/3/2020).

Mauritz mengatakan tak hanya objek wisata Malino yang ditutup, sejumlah objek wisata lainnya, seperti Air Terjun Ketemu Jodoh, Malino Highland, Hutan Pinus Malino, Perkemahan Lembanna, dan Air Terjun Takapala, juga ditutup sementara.

"Kita lakukan ini untuk menghindari terjadinya perkumpulan banyak orang," katanya.

Dikatakan Mauritz, selain menutup obyek wisata, pihaknya menunda semua kegiatan terbuka yang diikuti banyak orang di Tinggimoncong, baik oleh pihak pemda maupun organisasi kemasyarakatan secara keseluruhan.

Bahkan untuk mengantisipasi terjadinya penularan, Andry meminta masyarakat, khususnya pemilik penginapan, vila, hotel, tempat makan, dan tempat ibadah, menjaga lingkungan tetap higienis dengan menyediakan hand sanitizer pada pintu masuk dan tiap ruangan dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

"Kami berharap melalui surat edaran ini masyarakat bisa mengerti dan menjaga kesehatannya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat," harap Andry.

Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)