Sekolah Diliburkan Cegah Corona, Nadiem Berlakukan Sistem Belajar Online

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 10:11 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim
Foto: Mendikbud Nadiem Makarim. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah sekolah dan perguruan tinggi menghentikan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam kelas guna mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mewajibkan agar lembaga pendidikan tersebut memberlakukan pembelajaran secara online.

Dikutip dari laman Twitter resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan, @Kemdikbud_RI, arahan Nadiem ini dituangkan dalam Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang diteken Nadiem pada Selasa (17/3/2020).

"Memberlakukan pembelajaran secara daring dari rumah bagi siswa dan mahasiswa," kata Nadiem dalam salah satu poin di surat tersebut.

Nadiem mengatakan guru dan siswa dapat melakukan aktivitas belajar mengajar melalui bekerja dari rumah (BDR) via konferensi video, dukumen digital, dan sarana online lainnya. Dia menegaskan kegiatan BDR tidak akan mempengaruhi tingkat kehadiran siswa dan tenaga pendidik.

"Pelaksanaan BDR tidak mempengaruhi tingkat kehadiran atau dipandang sama seperti bekerja di kantor, sekolah, atau perguruan tinggi," ucap Nadiem.

Blak-blakan Ma'ruf Amin: Antara Lockdown & Social Distance: