Pura-pura Rental, Dua Pria Luwu Timur Ditangkap Gadai 11 Mobil

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 08:37 WIB
Gadai mobil.
Gadai mobil. (Foto: Dok. Istimewa)
Makassar -

Syamsul (31) dan Haidil (24), warga Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), diringkus polisi atas aksi penggelapan 11 unit mobil rental. Dua pelaku kini ditahan di Polsek Nuha.

"Dua orang pelaku dan barang bukti 11 unit mobil dalam proses penyidikan di Polsek Nuha," ujar Kapolres Luwu Timur AKBP Indratmoko kepada detikcom, Rabu (18/3/2020).

Kasus ini terungkap setelah salah satu korban bernama Srinita membuat laporan polisi pada Minggu (8/3). Pelaku Syamsul mengaku akan merental mobil korban.

"Pelaku membujuk para korban bahwa mobil tersebut akan dirental oleh pihak Rumah Sakit Awal Bros Sorowako. Namun, kenyataannya, mobil dipindahtangankan ke orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya," kata Indratmoko.

Berdasarkan laporan Srinita tersebut, polisi bergerak mengamankan kedua pelaku. Keduanya ditangkap di lokasi berbeda di Luwu Timur.

"Syamsul eksekutor utama, sementara Haidil ikut serta membantu," katanya.

Saat diperiksa polis, pelaku ternyata sudah cukup lama beraksi. Kedua pelaku telah menggadaikan 11 unit mobil rental dengan modus serupa.

"Sejak November 2019, Syamsul mulai melakukan perbuatan tersebut dengan modus mengatasnamakan rumah sakit," ujar Indratmoko.

"Sementara keterangan pelaku Haidil alias Idul sering membantu Syamsul melakukan perbuatan tersebut (gadai mobil rental)," katanya.

(idn/idn)