Tak Hanya Mahasiswi Asal Belanda, Satgas Periksa Corona Mahasiswi Asal India

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 17:15 WIB
Juru bicara tim Satgas Pencegahan Virus Corona untuk Pemprov Sumsel, Yuwono.
Juru bicara tim Satgas Pencegahan Virus Corona untuk Pemprov Sumsel, Yuwono (Raja Adil/detikcom)
Jakarta -

Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Corona Pemprov Sumatera Selatan memutuskan memeriksa mahasiswi koas di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) asal Belanda setelah orang tuanya positif virus Corona. Selain itu, satu mahasiswi koas asal India diperiksa.

"Mahasiswi Koas asal Belanda diputuskan masuk kategori orang dalam pengawasan karena riwayat dari orang tuanya. Tapi ada juga mahasiswi asal India diperiksa," tegas tim juru bicara Satgas Pencegahan Corona Pemprov, Prof Yuwono, kepada detikcom, Selasa (17/3/2020).

Mahasiswi koas asal India sendiri diperiksa karena merupakan teman satu kamar. Jadi harus diperiksa intensif dan terus dipantau.

Kedua mahasiswi itu, lanjut Yuwono, tidak diisolasi karena kondisinya sehat. Namun untuk memastikan, mereka harus diperiksa secara rutin dan kini telah dirumahkan.

"Kita minta pulang setelah diambil sampel dan diperiksa, tidak diisolasi. Istilahnya itu kita rumahkanlah selama 14 hari, karena 2 mahasiswi itu sehat," katanya.

Yuwono mengaku sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswi asal Belanda tersebut. Mengingat mereka datang sendiri untuk melaporkan kondisi kesehatannya setelah orang tuanya positif Corona.

"Mereka ini sehat, datang sendiri meminta diperiksa. Ini adalah inisiatif sendiri, harus begitu kalau ada informasi tentang Corona ya langsung lapor untuk diambil sampel," kata Yuwono.

(ras/fas)