RSUD di Bone Rawat 1 Pasien dari Jakarta, Diduga Suspect Corona

Zulkipli Natsir - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 16:51 WIB
ilustrasi corona
Ilustrasi Corona (Dok. detikcom)
Bone -

Seminggu pulang setelah berkunjung dari Jakarta, salah seorang warga asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan berinisial SY (75) diduga suspect virus COVID-19. Pasien kini menjalani perawatan intensif di ruang isolasi IGD Rumah Sakit Umum Daerah Tenriwaru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

"Pasien datang pagi tadi, gejalanya mirip (Corona). Pasien menderita demam tinggi, sesak napas, dan memiliki riwayat sebelumnya baru pulang dari Jakarta. Namun kami tidak bisa memastikan dan menyatakan jika korban positif Corona, karena harus dokter RS rujukan yang bisa memastikannya," terang Humas RSUD Tenriwaru, Ramli, saat diwawancara detikcom di ruangannya, Selasa (17/3/2020).

Ramli mengatakan pihaknya belum memiliki ruang isolasi seperti standarnya RS rujukan Corona. Kondisi pasien saat ini, kata Ramli, mengalami keluhan di pari-parunya.

"Pasien kini terdeteksi memiliki peradangan didaerah paru-paru, dengan kondisi suhu tubuh 38 derajat. Namun itu juga belum bisa memastikan dia positif, nantilah hasil laboratorium di Makassar yang pastikan," kata Ramli.

Berdasarkan pantauan di RSUD, pihak petugas rumah sakit melakukan siaga penuh dengan menjaga setiap pintu menuju ruang masuk akses IGD. Petugas bahkan menutup pintu dan melarang pembesuk masuk ke ruang IGD sebagai bentuk sterilisasi.

(zap/tor)