Mahasiswa UNM Makassar Buat Hand Sanitizer Berbahan Daun Mangrove

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 16:19 WIB
Hand Sanitizer berbahan daun Mangrove
Hand Sanitizer berbahan daun Mangrove. (Foto: Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar -

Harga produk hand sanitizer melambung hingga langka di pasaran karena wabah corona. Padahal, hand sanitizer dibutuhkan untuk menjaga kebersihan tangan dalam pencegahan virus corona.

Di tengah kondisi tersebut, mahasiswa program studi Teknik Pertanian Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan inovasi produk hand sanitizer berbahan alami daun mangrove. Daun mangrove disebut terbukti memiliki kandungan anti mikroba dan anti oksidan sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan hand sanitizer.

"Di dalam mangrove itu ada anti-oksidan, ada anti-bakterinya, ada nama flavonoid, banyak. Di situ sudah diujikan langsung ke mikrobanya dan mati," ujar peneliti pangan sekaligus Kepala Program Studi Teknik Pertanian Andi Sukaina saat ditemui wartawan di Kampus UNM Parangtambung, Selasa (17/3/2020).



Selain mengandung anti-mikroba, daun mangrove juga disebut mengandung sedikit racun alias memiliki sedikit kandungan berbahaya sehingga aman digunakan.

"Ya, betul, dia tidak ada toksinnya. Adalah toksinnya, tapi sedikit sekali sehingga sangat aman digunakan," katanya.

Kandungan hand sanitizer ini sekaligus menyulap daun mangrove yang selama ini kurang digunakan menjadi bermanfaat bagi banyak orang.

"Kalau selama ini kan mangrove itu tanaman tidak dilirik, hampir tidak ada yang gunakan, sehingga kita mencoba meneliti manfaatnya, ternyata yang ada di dalam ekstrak mangrove itu mampu membunuh mikroba," kata Sukaina.

Selanjutnya
Halaman
1 2