Pertamina Bangun Sentral Kampung Inggris & Kreativitas di Lawe-lawe

Angga Laraspati - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 16:09 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina RU V Balikpapan bekerja sama dengan yayasan Sansis Children untuk mendirikan Sentral Kampung Inggris dan Kreativitas masyarakat di Lawe-lawe, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Yayasan program International Language ini akan menggunakan lahan sekitar 3.145 meter persegi.

Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth Marchelino Verieza mengungkapkan pada tahun 2019, RU V Balikpapan telah membantu kegiatan sentral Kampung Inggris untuk sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar, mulai dari peralatan sekolah sebanyak 50 unit.

"Untuk tahun 2020 ini, diserahkan kembali bantuan seperti tahun 2019 dengan total 120 unit yang diserahkan pada acara peletakan batu pertama Sentral Kampung Inggris dan Kreativitas Masyarakat," ungkap Roberth dalam keterangan tertulis, Selasa (17/3/2020).

Hal itu disampaikannya saat peletakan batu pertama sentral Kampung Inggris, Senin (16/3/2020). Hal ini merupakan penanda adanya pengembangan dan lanjutan program CSR Pertamina (Persero) RU V Balikpapan pada bidang pendidikan. Program di bawah naungan Lawe-lawe ini sudah berjalan sejak 2019 dan untuk Program Sentral Kampung Inggris dan Kreativitas Masyarakat di Kelurahan Lawe-lawe sendiri telah berlangsung sejak tahun 2017.

Lebih lanjut Roberth menjelaskan nantinya tidak hanya program bahasa Inggris, namun juga akan dikembangkan untuk program bahasa Arab dan Mandarin. Kemudian, untuk kreativitas masyarakat akan dilaksanakan program biogas, pertanian, dan budidaya mangrove sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya Kelurahan Lawe-lawe.

Sementara itu, Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah berkomitmen pada pengembangan program CSR di Kabupaten Penajam Paser Utara, khususnya pada Program Kampung Inggris.

"Pembangunan yayasan ini adalah salah satu upaya penngembangan daerah. Melalui program Sentral Kampung Inggris ini diharapkan masyarakat memiliki keterampilan berbahasa dalam menghadapi persaingan global untuk menciptakan Kabupaten Penajam Paser Utara yang maju, modern dan religius," ucap Abdul.

Sebagai informasi, acara peletakan batu pertama ini dibuka oleh Bupati Penajam Paser Utara, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan serta Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora), Drs. Alimudin, M. Si. Turut hadir pula dalam acara yaitu perwakilan Pertamina yaitu Sec.Head CSR & SMEPP, Cecep Supriyatna , jajaran pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kepala Dinas Budaya Pariwisata, Hj. Andi Israwati, Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB), Firmansyah dan Lurah Lawe-Lawe, Mardani.

Selain program Pendidikan, Pertamina juga melaksanakan kegiatan CSR pada bidang lingkungan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Selain Kelurahan Lawe-lawe, program CSR Pertamina juga dilaksanakan di Kelurahan Penajam, Giri Mukti dan beberapa daerah lainnya di Kabupaten Penajam Paser Utara.

(akn/ega)