BNPP Resmikan Kantor Bupati-Sekolah di Anambas Kepri

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 17:51 WIB
BNPP Anambas
BNPP resmikan Kantor Bupati Anambas, Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom.
Jakarta -

Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) meresmikan Kantor Bupati dan gedung sekolah di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri). Anambas dipilih menjadi fokus pembangunan karena berbatasan langsung dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

"Keseluruhannya adalah lokpri (lokasi prioritas). Terletak diantara negara ASEAN dan berdekatan dengan Laut Natuna Utara, yang saat ini menjadi isu dan perhatian dunia," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Suhajar Diantoro, di Kantor Bupati Anambas, di Tarempa Timur, Kepulauan Anambas, Senin (16/3/2020).

Suhajar menambahkan, pemerintah telah membangun Kantor Bupati, Polres, dan kantor pertanahan di Kepulauan Anambas. Selain itu, pemerintah juga telah membangun pasar dan gudang pusat layanan usaha terpadu.

Untuk di sektor transportasi, pemerintah telah membangun pelabuhan roro dan pelabuhan paut. Sementara untuk pelayanan masyarakat, pemerintah telah membangun puskesmas dan sekolah di Kepulauan Anambas.

Senada dengan Deputi IV Bidang Pertahanan Negara Kemenko Polhukam RI Mayjen TNI Rudianto menambahkan, pembangunan infrastruktur di perbatasan adalah salah satu fokus pemerintah saat ini. Rudianto mengatakan, pada 2020 ini pemerintah telah menganggarkan sekitar Rp 24 triliun untuk pembangunan di perbatasan Indonesia.

"Maka sejak 2011 kemarin, kita sudah mencanangkan Gerbang Dutas, dan mengubah pola berpikir kita bahwa perbatasan yang dinomor sekiankan, sekarang menjadi garda terdepan bagi wilayah kesatuan Republik Indonesia. Sesuai Nawa Cita Presiden Indonesia yaitu membangun dari pinggiran," ungkapnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2