Penumpang dari KL di Bandara Minangkabau Dievakuasi, Ada Ciri Suspect Corona

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 12:07 WIB
WN Malaysia di Bandara Minangkabau dievakuasi.
WN Malaysia di Bandara Minangkabau dievakuasi. (Foto: Dok. Istimewa)
Padang Pariaman -

Seorang penumpang pesawat asal Kuala Lumpur, Malaysia, diamankan petugas Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatera Barat. Dia dicurigai terinfeksi virus Corona (COVID-19).

Sejumlah foto dan video beredar di media sosial memperlihatkan penanganan petugas terhadap penumpang yang dicurigai suspect Corona. Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Yos Suwagiyono membenarkan informasi tersebut.

"Benar, ada satu penumpang dalam keadaan kurang sehat dan memiliki ciri-ciri suspect Corona," jelas Yos dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (16/3/2020).



Ia mengatakan penumpang laki-laki tersebut turun dari pesawat Air Asia, penerbangan pagi dari Kuala Lumpur. Saat melewati alat pendeteksi thermal scanner Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di area kedatangan internasional, si penumpang terlihat mengalami sesak napas.

"Setelah di-interview petugas KKP, yang bersangkutan mengaku sudah 3 hari sesak napas," kata Yos.

Sesuai protokol, pihak KKP Bandara langsung melakukan penanganan. Penumpang tersebut langsung diisolasi dan dirujuk ke Rumah Sakit Dokter Muhammad Djamil Padang untuk penanganan lebih lanjut.

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap penumpang yang duduk 3 baris berdekatan dengan penumpang yang terindikasi tersebut. Setelah menjalani interview, mereka kemudian dipulangkan dan dinyatakan sebagai Orang dalam Pemantauan (ODP).



Atas penemuan kasus penumpang suspect tersebut, ruang Kedatangan Internasional Bandara langsung disiram dengan cairan disinfektan untuk antisipasi sesuai dengan protokol.

"Semua protokol kesehatan dalam penanganan wabah COVID-19 telah dilaksanakan di Bandara Minangkabau," jelas dia.

Tonton juga Personel Polda Sumbar Disemprot Cairan Disinfektan :

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)