Dibantu Google-Microsoft, Kemendikbud Siapkan e-Learning Selama Pandemi Corona

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 16 Mar 2020 11:32 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim
Foto: Mendikbud Nadiem Makarim (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Pandemi Corona COVID-19 di Indonesia membuat banyak sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara online. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengatakan telah melakukan kerja sama dalam penyelenggaraan pembelajaran secara online dengan berbagai pihak.

"Kemendikbud siap dengan semua skenario termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk para siswa," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (15/3/2020).

Kemendikbud telah melalukan kerja sama dengan pihak swasta seperti Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius. Nadiem pun mengapresiasi keterlibatan seluruh pihak swasta dalam mendukung KBM secara online.


"Kami menghargai mitra-mitra di sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh," kata Nadiem.

Sementara itu, Public Policy & Government Relations Manager Google Indonesia Danny Ardianto mengatakan selama masa pandemi Corona, Google siap membantu siswa dan guru di Indonesia agar dapat melanjutkan pembelajaran jarak jauh. Menurutnya, melalui G Suite for Education, sekolah dapat menggunakan fitur-fitur seperti konferensi video agar dapat melanjutkan pembelajaran dari rumah.

"Melalui G Suite for Education, para siswa dapat terus belajar meski ketika akses internet lambat atau tidak tersedia dan di manapun mereka berada," kata Danny.

Tonton juga Tutup Sekolah, Anies Siapkan Materi Digital Untuk Siswa-Guru :

Selanjutnya
Halaman
1 2