Round-Up

Pasien Corona Bertambah, Status Penanganan Wabah Belum Diubah

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 15 Mar 2020 08:15 WIB
Ilustrasi virus Corona
Foto: Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta pemerintah Indonesia segera mengumumkan darurat nasional Corona. Namun, hingga pasien yang positif virus Corona terus bertambah, status penanganan virus itu tetap tak berubah.

Dirangkum detikcom, Sabtu (14/3/2020), surat untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan Corona datang dari Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. WHO meminta Jokowi segera mengumumkan darurat nasional Corona.


Surat WHO itu dikirim per 10 Maret 2020. Surat itu juga ditandatangani oleh Tedros.

Tedros dalam suratnya mengatakan WHO telah bekerja maksimal untuk menganalisis dan menyebarluaskan informasi tentang COVID-19. Untuk mengalahkan virus ini, setiap negara perlu mengambil langkah-langkah kuat yang dirancang untuk memperlambat penularan dan mencegah penyebaran.

"Sayangnya, kami telah melihat kasus yang tidak terdeteksi atau tidak terdeteksi pada tahap awal wabah yang mengakibatkan peningkatan signifikan dalam kasus dan kematian di beberapa negara. Untuk tujuan ini, WHO terus mendesak negara-negara berfokus pada deteksi kasus dan kapasitas pengujian laboratorium, terutama di negara-negara dengan populasi besar dan berbagai kapasitas sistem kesehatan di seluruh negara," kata Tedros.

WHO: Eropa Kini Jadi Pusat Virus Corona!:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3