Menkes Berikan Sertifikat Sehat ke 188 WNI ABK Kapal Pesiar World Dream

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 14:54 WIB
Menkes Berikan Sertifikat Sehat ke 188 WNI ABK Kapal Pesiar World Dream
Menkes memberikan sertifikat sehat kepada 188 WNI ABK World Dream. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyerahkan sertifikat sehat kepada 188 WNI ABK kapal pesiar World Dream. Sertifikat itu diberikan sebelum para peserta observasi kesehatan terkait virus Corona COVID-19 pulang ke rumah masing-masing.

Dua ABK, yaitu satu perempuan dan satu laki-laki, mewakili teman-temannya menerima sertifikat sehat itu. Terawan pun menjabat tangan kedua ABK tersebut.

"Ini telah kita saksikan bersama acara penyerahan rekan-rekan Sebaru 188, jadi saya sebut Sebaru 188 karena mereka telah selesaikan masa observasi 14 hari," kata Pangkogabwilhan I Laksamana Madya Yudo Margono, yang juga menjabat Kepala Tim Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (14/3/2020).


Yudo sekali lagi menekankan 188 WNI ABK World Dream dalam kondisi sehat. Berdasarkan kondisi tersebut, Yudo yakin menyerahkan para peserta observasi kembali ke masyarakat.

"Tadi kita sudah laksanakan perjalanan dari Sebaru dan sampai akhirnya tiba di sini mereka semuanya 188 dalam keadaan sehat, sehingga saya berani menyerahkan kepada Kemenko PMK untuk pada akhirnya dikembalikan kembali ke masyarakat," sambungnya.


Sebelumnya, dalam sambutan serah-terima peserta observasi, Terawan menyebutkan seluruh peserta observasi dari World Dream adalah duta imunitas Corona. Terawan mengatakan para peserta yang sehat ini adalah optimisme bagi bangsa untuk tetap kuat dan sehat dalam menghadapi wabah Corona.

"Hidup duta-duta imunitas Corona. Kalianlah secercah harapan yang menjadi contoh optimisme nasional. Kami akan belajar seperti kalian agar imunitas tubuh kita tetap naik. Jadi bagikan itu ke semuanya setelah kalian kembali ke masyarakat," seru Terawan.

(aud/aud)