BPJS Kesehatan Banjarmasin Tambah Titik Layanan Mobil Keliling

Nurcholis Maarif - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 13:37 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin menambah titik jemput peserta JKN-KIS dengan mobil layanan keliling atau dikenal Mobile Customer Service (MCS). Dari yang tadinya di kantor kecamatan, kini merambah ke beberapa puskesmas dan kampus.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Banjarmasin Henny menyampaikan layanan ini diberikan untuk memudahkan peserta yang hendak mengurus kepesertaan JKN-KIS namun terkendala waktu dan jarak yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

"Kami memahami kesibukan yang dimiliki masing-masing orang, untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS ke kantor BPJS Kesehatan tentunya kita harus menyediakan waktu lebih. Belum lagi bagi peserta yang jarak rumahnya jauh dari kantor BPJS Kesehatan juga pasti mengalami kesulitan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/3/2020).

"Oleh karenanya kami menghadirkan layanan jemput bola ini melalui MCS dengan membuka layanan di beberapa titik strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu harus jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan lagi," jelas Henny.

Diungkapkannya, MCS menawarkan berbagai layanan administrasi yang bisa dinikmati oleh peserta yang berkunjung di antaranya perubahan data dan ubah kelas peserta, cetak kartu peserta hingga layanan informasi dan pengaduan layanan.

Menurut Henny sejak awal MCS ini dilaksanakan, animo masyarakat terhadap layanan MCS ini semakin meningkat dari waktu ke waktu.

"Semakin lama peserta jadi semakin banyak yang memilih memanfaatkan layanan MCS ini karena mudah dijangkau. Oleh karenanya kami menambah titik layanan yang dulunya kami buka di tiap kantor kecamatan, saat ini kami buka di beberapa Puskesmas hingga kampus secara bergantian," tambah Henny.

Supinah yang kala itu sedang memanfaatkan pelayanan MCS di Puskesmas Kelayanan Timur benar merasa terbantu dengan adanya layanan jemput bola ini.

"Jadi gampang bila mau mengurus JKN-KIS karena lokasinya dekat dengan rumah. Di MCS saya melakukan ubah kelas dan prosesnya sungguh cepat. Sudah dari bulan lalu saya mau mengurusnya tapi selalu tidak sempat karena tidak ada yang mengantar ke kantor BPJS Kesehatan," ujarnya.

"Syukurlah pas saya lewat puskesmas Kelayan Timur saya melihat ada mobil BPJS Kesehatan dan ternyata bisa diurus di sini. Dan ternyata selain di MCS urusan saya ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN yang bisa diakses melalui handphone, jadi lebih mudah lagi. Saya jadi tahu banyak informasi JKN-KIS setelah saya mengunjungi MCS ini," pungkas Supinah.

(prf/ega)