Cegah Corona, Kemhan Berlakukan Kebijakan Sebagian ASN Kerja di Rumah

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 14 Mar 2020 08:42 WIB
Dahnil Anzar Simanjuntak
Jubir Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak (Foto: Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pertahanan (Kemhan) mengeluarkan surat edaran pelaksanaan dinas masuk kantor dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan Kemhan. Surat edaran bernomor SE/35/III/2020 diteken oleh Sekretaris Jenderal Kemhan, Laksamana Madya TNI Agus Setiadji pada Jumat (13/3).

Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan terkait surat edaran yang dikeluarkan Kemhan tersebut. Menurutnya, surat edaran itu dalam rangka pencegahan dan meminimalisir penyebaran virus Corona di lingkungan Kemhan.

"Benar, pembagian tugas," kata Dahnil saat dikonfirmasi, Sabtu (14/3/2020).

Bagi eselon I, II, III, dan yang berdinas khusus di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Unhan, tetap berdinas masuk kantor dengan aktivitas kegiatan sebagaimana biasa. Sementara, Kasatker dan Kasubsatker agar melaksanakan pembagian kedinasan pegawai eselon IV dan non eselon untuk berdinas di rumah masing-masing dan di kantor serta melaporkan kekuatan pegawainya ke petugas Dinas Dalam Kemhan Medan Merdeka BArat secara periodik (harian).


"Aktivitas ASN Kemhan yang urgent harus bertugas di kantor maka akan tetap berkantor seperti biasa, dan sebagian ASN eselon 4 dan non eselon yang bisa bekerja dari rumah dan tidak ada tugas-tugas yang mendesak bisa berkegiatan dari rumah, dan para pejabat eselon 1 dan 2 mengurangi penggunaan staf-staf agar tidak banyak yang beraktivitas di keramaian," kata Dahnil.


Bagi pegawai yang berdinas di rumah masing-masing tidak diizinkan meninggalkan rumah. Surat edaran tersebut berlaku mulai Senin, 16 Maret 2020 sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut dari pimpinan Kemhan.

Apabila terdapat pegawai yang terindikasi terjangkit virus Corona, mohon menghubungi Karoum Setjen Kemhan, Marsma TNI Yusuf Jauhari. Kasatker dan Kasubsatker agar melaksanakanupaya pencegahan disinfektan virus Corona di lingkunan Satker/Subsatker masing-masing.

(fas/fas)