Marak DBD, Ma'ruf Ajak Warga Giatkan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 17:36 WIB
Wapres Maruf Amin.
Foto: Wapres Ma'ruf Amin. (Lisye-detikcom)
Jakarta -

Selain Corona, Demam Berdarah Dengue (DBD) juga tengah mengancam masyarakat. Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta masyarakat agar kembali melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk.

"Kita ingin kembali supaya menggerakkan pemberantasan sarang nyamuk, gerakan PSN. Ini lemah lagi," ujar Ma'ruf di Istana Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Ma'ruf menyebut, giat ini dilakukan dengan gerakan 3M yaitu, menutup, menguras dan mengubur. Selain itu, juga membangun hidup bersih dan sehat.

"Antara lain dengan gerakan 3 M, menguras tempat tempat air, menutup tempat penampungan air, kemudian mengubur barang bekas. Termasuk juga kemungkinan adanya sarang-sarang nyamuk dimana-mana, kemudian juga membangun hidup bersih," kata Ma'ruf.

"Gerakan ini pemerintah mengajak supaya digiatkan kembali, dibangung kembali. Inikan sumbernya dari sarang nyamuk," sambungnya.

Menurut Ma'ruf, saat ini pemerintah juga telah mengantisipasi hal tersebut. Salah satunya dengan mendatangi tenaga medis ke wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), yang sempat memiliki jumlah pasien yang tinggi.

"Ya saya kira ini pemerintah sudah mengantisipasi itu, sudah mengirim juga tenaga medis ke NTT," ujar Ma'ruf.

Tonton juga Menkes Pastikan Kasus DBD di Sikka NTT Sudah Menurun :

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/isa)