Cegah Corona, UIN Raden Intan Lampung Tunda Wisuda Mahasiswa hingga Juli

Idham Kholid - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 13:37 WIB
A group of multietnic students celebrating their graduation by throwing caps in the air closeup. Education, qualification and gown concept.
Ilustrasi Wisuda (iStock)
Jakarta -

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung menunda wisuda mahasiswa-mahasiswi hingga Juli. Penundaan ini untuk mencegah penyebaran virus Corona berdasarkan surat edaran Mendikbud Nadiem Makarim.

Hal itu disampaikan UIN Raden Intan melalui pengumuman surat edaran yang diunggah ke website resmi kampus, www.radenintan.ac.id, seperti dilihat detikcom, Jumat (13/3/2020). Surat yang dikeluarkan pada Kamis (12/3) itu ditandatangani Wakil Rektor I/ketua panitia, Alamsyah.

"Memperhatikan Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tanggal 11 Maret 2020 tentang kewaspadaan dini dan pencegahan infeksi Virus Corona Disease (COVID-19), kepada sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung, maka dengan ini disampaikan hal sebagai berikut," tulis Alamsyah dalam surat edaran itu.

Pelaksanaan wisuda ditunda hingga pekan kedua bulan Juli 2020. Namun, lanjutnya, perkembangan situasi tetap diperhatikan.

"Pelaksanaan wisuda periode I tahun 2020 ditunda sampai dengan minggu kedua bulan Juli tahun 2020 (bersamaan dengan periode II tahun 2020) dengan tetap memperhatikan perkembangan keadaan," ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan, fakultas atau jurusan yang akan melaksanakan yudisium periode I tahun 2020 juga diminta ditunda hingga Juli. Namun proses penertiban ijazah tetap dilaksanakan dengan memperhatikan kelengkapan syarat.

"Bagi mereka yang terdaftar sebagai calon wisudawan periode I tahun 2020 yang ijazahnya telah selesai maka dapat diberikan duplikat ijazah, sedangkan ijazah asli dapat diambil setelah wisuda dilaksanakannya.

Dilihat dari surat edaran sebelumnya, pelaksanaan wisuda semula dijadwalkan pada 18 Maret 2020. Jadwal wisuda lalu ditunda menjadi 24 Maret. Dalam SE itu disebutkan, penundaan awal karena bersamaan dengan pelaksanaan pelayanan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN/UMPTKIN.

Simak Juga Video "Cegah Corona, Trump Larang Turis dari Eropa Masuk AS"

[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)