Mumtaz Klaim PAN Dukung Gibran, PDIP: Jangan Dikaitkan Pilkada Lain

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 07:49 WIB
Djarot Saiful Hidayat
Djarot Saiful Hidayat, Foto: Indra Komara-detikcom
Jakarta -

Mumtaz Rais mengklaim PAN Solo akan mendukung Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Kota Surakarta atau Solo, tapi PDIP harus mendukungnya di Sleman. PDIP tidak setuju dengan pernyataan dari Mumtaz tersebut.

"Beda konteks, kalau mau dukung silakan saja dan jangan dikaitkan dengan Pilkada daerah lain," ucap Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, saat dihubungi, Kamis (12/3/2020).

Terkait dengan dukungan di Pilkada Solo, Djarot tidak mempermasalahkan sikap partai politik lain. "Kalau mau dukung dipersilakan, tidak dukung juga tidak masalah," kata Djarot.

Diketahui, PDIP di DPRD Kota Surakarta memiliki 24 dari 45 kursi. Sedangkan PAN hanya memiliki 4 kursi. Syarat untuk mengusung calon di Pilkada minimal 20 persen kursi sudah dipenuhi oleh PDIP. Sehingga, PDIP bisa mengusung calon tanpa dukungan partai lain.

Sebelumnya, Mumtaz Rais mengungkapkan PAN telah mendukung Gibran maju di Pilkada Solo. Dia pun berharap PDIP bisa memberikan dukungannya agar dia bisa maju ke Pilkada Sleman.

"PAN Solo itu mendukung Mas Gibran. Jadi saya berharap di Sleman PDIP juga ikut mendukung," kata Mumtaz Rais kepada wartawan, Selasa (10/3/2020).

"Insyaallah akan terbuka titik terang di Sleman PDIP bersama PAN," sambungnya.

Simak juga video PAN-Golkar Bertemu, Bahas Pilkada hingga Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(aik/rfs)