RS Persahabatan Punya 24 Tempat Tidur Pasien Suspect Corona, 16 Terisi

Arun - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 13:20 WIB
RSUP Persahabatan jadi salah satu rumah sakit yang disiapkan untuk tangani pasien terinfeksi virus corona. Ruangan khusus pun disiapkan di rumah sakit tersebut.
RSUP Persahabatan (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan telah menangani para pasien suspect virus Corona. Ada 24 tempat tidur yang dipunyai RS Persahabatan untuk pasien COVID-19, masih ada 8 tempat tidur lagi yang tersedia bagi pasien baru.

"Kami punya 24 tempat tidur, saat ini terisi 16," kata Direktur Umum RS Persahabatan Rita Rogayah di RSUP, Jalan Persahabatan Raya, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (12/3/2020).

Dia menggunakan istilah PDP atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Istilah PDP setara dengan 'suspect' dalam bahasa Inggris. PDP COVID-19 yang sampai rumah sakit akan diisolasi.

"Berarti kan masih ada tempat untuk menerima kasus-kasus yang dianggap PDP," kata Rita Rogayah.

Adapun untuk pasien yang sudah dinyatakan sembuh, mereka diperbolehkan pulang. Ada dua orang yang sudah sembuh dan diperbolehkan pulang. Meski demikian, mereka dianjurkan untuk istirahat di rumah dan tidak bepergian ke luar rumah terlebih dahulu.

"Jangan bepergian. Bepergian dilarang dulu. Istirahat dulu di rumah. Paling aman 14 hari, walaupun sudah sembuh," kata Satgas Kewaspadaan dan Kesiagaan COVID-19 IDI, Erlina Burhan, di lokasi yang sama.

Simak Juga Video "Virus Corona Mulai 'Gerogoti' Manufaktur Indonesia"

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/zlf)