Pemprov Sulsel Bentuk Tim Atasi Macet: Tertibkan Parkir Liar-Pak Ogah

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 09:40 WIB
rus lalu lintas di Jl Urip Sumoharjo, Makassar, macet, Jumat (4/10/2019)
Ilustrasi Kemacetan di Makassar (Hermawan M/detikcom)
Makassar -

Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) membentuk tim terpadu untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Makassar. Tim akan mengedukasi warga yang parkir di tempat parkir liar hingga menertibkan pak ogah.

Peluncuran tim terpadu dilakukan di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Kamis (12/3/2020). Tim terdiri atas Dishub Sulsel, Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim, Satlantas Polres Makassar, Dishub Kota Makassar, hingga Pomdam Hasanuddin.

Plt Kadishub Sulsel Muhammad Arafah mengatakan tim terpadu ini melanjutkan tugas tim terpadu penanganan pak ogah yang sebelumnya dibentuk. Namun cakupan tim lebih besar dan terdiri atas beberapa unit kelompok kerja (pokja).

"Yang pertama itu ada istilahnya tim edukasi. Tim edukasi itulah yang mobile di jalanan untuk memberi pemahaman kepada pengguna jalan, pertama untuk tidak parkir sembarang tempat, yang kedua tidak memberi imbalan kepada pak ogah, karena itulah yang membuat kemacetan," kata Arafah seusai peluncuran tim terpadu.

Tim edukasi juga akan mengedukasi cara warga di Kota Makassar. Hal ini mengingat salah satu sebab utama kemacetan di Makassar adalah karakteristik berlalu lintas yang tidak tertib.

"Masyarakat kan terbiasa dengan tidak mau mengalah, kecepatan yang tinggi, zig-zag. Nah, ini yang kita lakukan saat ini memang langkah-langkah jangka pendek (mengedukasi)," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2