Selesai Observasi, WNI ABK World Dream Akan Dipulangkan Besok

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 19:36 WIB
WNI ABK World Dream tiba di Pulau Sebaru Kecil yang berada di Kepulauan Seribu. Pulau itu akan menjadi lokasi karantina terkait virus corona.
Foto: Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay
Jakarta -

Sebanyak 188 WNI ABK World Dream selesai menjalani observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. Pemerintah sedang membahas detail pemulangan para ABK tersebut.

"Pemulangan ABK World Dream rapatnya di PMK belum selesai. Tapi kita putuskan berakhir di hari Kamis. Detail pemulangan sedang dibicarakan," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Kasus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Yuri mengatakan para ABK tersebut akan menjalani pemeriksaan secara menyeluruh sebelum dipulangkan. Dia memastikan setiap prosedur diikuti dengan baik.

"Tentunya akan pulang ada pemeriksaan total, evaluasi total setelah itu pulang dan tidak kemudian dilepas ada SOP kita di dalam kaitan ini dan mudah-mudahan tidak ada masalah," kata Yuri.

Sebelumnya diberitakan, KRI Soeharso, yang membawa 188 WNI anak buah kapal (ABK) World Dream, tiba di Pulau Sebaru, Jumat (28/20). Ratusan WNI itu langsung diobservasi.

Mereka dipindahkan menggunakan dua kapal LCU. Tidak ada pakaian khusus yang digunakan para WNI ABK World Dream. Sedangkan petugas kesehatan yang mendampingi terlihat menggunakan alat pelindung diri lengkap berwarna kuning.

Tonton juga Kemenkes: 188 WNI ABK World Dream Negatif Corona:

[Gambas:Video 20detik]



(knv/zlf)