Round-Up

Siswi SMK Digerayangi Trauma, 5 Temannya Jadi Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 07:57 WIB
Little girl suffering bullying raises her palm asking to stop the violence
Ilustrasi Foto: iStock

Retno menyampaikan KPAI sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PPPA Sulut untuk penanganan psikologi anak korban dan anak pelaku. KPAI juga sudah berkoordinasi dengan Disdik Sulut untuk penegakan aturan terhadap sekolah dan memastikan sekolah juga melakukan penegakan aturan terhadap para siswa yang terlibat dalam kasus kekerasan seksual ini.

Kejadian ini juga menjadi perhatian Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Gusti Ayu Bintang Darmawanti. Dia memastikan penanganan kasus ini akan segera tuntas.

"Saya pastikan penanganan kasus akan segera selesai, dan saya harap tidak ada lagi kejadian serupa yang melibatkan anak maupun perempuan lainnya," ujar Bintang pagi tadi.

Lebih lanjut, Bintang meminta agar tidak menampilkan identitas korban dan menyebarkan video pelecehan tersebut. Menurutnya, hal itu melanggar UU Perlindungan Anak.

Siswi SMK Digerayangi Trauma, 5 Temannya Jadi TersangkaFoto: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawanti (Antara Foto)

"Terakhir, saya tegaskan kepada teman-teman untuk tidak menyebarkan video yang menampilkan identitas korban, sesuai dengan Pasal 64i UU Nomor 35/2014 tentang Perlindungan Anak," kata Bintang.

Komnas Perempuan juga angkat bicara soal kasus ini. Menurut komisionernya, Siti Aminah Tardi, kasus pelecehan seksual ini adalah gambaran dari permasalahan di lingkungan pendidikan. Dia menyebut ini sebagai pekerjaan rumah (PR) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

"Jadi kata Pak Menteri (Nadiem Makarim) ada 3 isu dalam pendidikan, (yaitu) bullying, kekerasan seksual, dan radikalisme. (Kasus) Ini kan membenarkan bahwa bullying dalam bentuk kekerasan seksual terjadi di sekolah. Ini jadi PR kemendikbud untuk memastikan pencegahan, pelindungan, segala kekerasan seksual," kata Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah Tardi.

Halaman

(aud/aud)