Round-Up

Siswi SMK Digerayangi Trauma, 5 Temannya Jadi Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 07:57 WIB
Little girl suffering bullying raises her palm asking to stop the violence
Ilustrasi Foto: iStock

Jules menerangkan lima tersangka terdiri dari 3 siswa berinisial RM, FL dan NP, serta dua siswi berinisial PN dan NR. Sementara korban berinisial RG.

Masih kata Jules, peristiwa pelecehan seksual itu terjadi pada Kamis, 26 Februari lalu. Namun videonya baru diunggah oleh salah satu pelaku di WhatsApp Story pada Senin kemarin.

Tak hanya pihak kepolisian, banyak pihak yang mengutuk tindakan kelima tersangka pada korban. Sejak video itu viral dan dideteksi terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kepala Dinas Pendidikan Sulut Grace Punuh menyatakan akan mengerahkan jajarannya untuk menindaklanjuti. Grace bererncana memanggil kepala sekolah serta guru dari para pelajar.

"Memang kita lihat sudah bergerak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, tapi untuk kita, kita akan panggil sekolah maupun guru yang terlibat. Kenapa jadi seperti itu. kronologisnya seperti apa?" ujar dia sore tadi.

Siswi SMK Digerayangi Trauma, 5 Temannya Jadi TersangkaFoto: Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. (Angela-detikcom)

Tindak lanjut Dinas Pendidikan Sulut akan dipantau oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. Steven meminta kasus ini diusut tuntas.

"Tidak ada tawar menawar soal itu, masalah asusila dari aspek pidana lanjut, aspek moral orang ini sudah tidak bisa dipercaya lagi. Kadis juga harus bergerak cepat," tegas Steven.

Rencana Disdik Sulut memanggil kepala sekolah serta guru dari pelajar tersebut sejalan dengan desakan KPAI. Komisioner KPAI Retno Listyarti, lewat keterangan persnya, mengatakan kepala sekolah dan guru memiliki tanggung jawab melindungi siswa dan siswinya dari segala bentuk kekerasan, termasuk kekerasan seksual.

"KPAI mendorong Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara segera melakukan pemeriksaan kepada kepala sekolah dan jajarannya yang memiliki tanggung jawab melindungi anak-anak selama berada di sekolah dari berbagai bentuk kekerasan, termasuk kekerasan seksual," tadi siang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3