Wapres Ma'ruf Minta Koperasi Jadi Pelopor Pengembangan UMKM

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 11 Mar 2020 03:18 WIB
Maruf Amin terima audiensi Koperasi Simpan Pinjam
Foto: Ma'ruf Amin terima audiensi Koperasi Simpan Pinjam (dok.Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menerima audiensi Pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari di Kantornya, Jakarta Pusat. Ma'ruf mengatakan koperasi mesti turut ambil bagian dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat guna menurunkan tingkat kemiskinan.

"Koperasi Nasari harus menjadi pelopor pengembangan UMKM. Sebab, menurut saya ke depan ini yang akan menopang ekonomi nasional kita adalah UMKM," ungkap Ma'ruf berdasarkan keterangan yang diterima detikcom, Selasa (10/3/2020).


Dalam mengembangkan UMKM, menurut Ma'ruf, ada tiga sasaran yang ingin dibangun pemerintah. Pertama adalah pembenahan UMKM.

"Pertama, UMKM-nya itu sendiri harus dibenahi dan diklasifikasi, mana yang hanya bisa berkembang untuk survive sendiri dan UMKM yang dapat kita dorong menjadi usaha kecil, menengah, dan besar," paparnya.

Poin kedua adalah membangun sektor keuangan yang bersahabat dengan UMKM. Seperti meningkatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan mengembangkan lembaga keuangan mikro.

"Kemudian sektor keuangan agar bersahabat dengan UMKM. Selain KUR, lembaga keuangan mikro termasuk Bank Wakaf Mikro, MEKAR, yang pembiayaannya selama ini hanya 5 juta rupiah, akan kita naikkan sampai 10 juta rupiah," terang Ma'ruf.

Tonton juga video Muffest 2020, Menkop UKM Ingin RI Jadi Kiblat Mode Muslim Dunia:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2