Cegah Corona di Sekolah, Nadiem Minta Hindari Kontak Fisik-Tak Berbagi Makanan

Rahel Narda C - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 12:33 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan surat edaran soal pencegahan virus Corona di satuan pendidikan. Dia meminta sekolah memastikan semua orang cuci tangan pakai sabun (CTPS) hingga hindari kontak fisik langsung.

Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada Satuan Pendidikan itu diteken pada Senin (9/3/2020). Surat itu ditunjukkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, Pemimpin Perguruan Tinggi, serta kepala sekolah di seluruh Indonesia.

"Dalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan satuan pendidikan, dengan hormat kami mengimbau Saudara agar segera menginstruksikan kepada satuan pendidikan di wilayah kerja saudara," tulis Nadiem dalam surat edaran itu.

Dalam surat tersebut, Nadiem meminta warga di satuan pendidikan mencuci tangan pakai sabun minimal selama 20 detik. Selain itu, dia mengingatkan warga di satuan pendidikan agar menghindari interaksi fisik secara langsung, seperti bersalaman hingga berpelukan.

"Mengingatkan warga satuan pendidikan untuk menghindari kontak fisik langsung, seperti bersalaman, cium tangan, berpelukan, dan sebagainya," tulis salah satu poin dalam edaran yang diterima detikcom pada Selasa (10/3/2020).

Simak Video "WHO: Ancaman Virus Corona Jadi Pandemi 'Sangat Nyata'"

[Gambas:Video 20detik]