Round-Up

Jeritan Hati Pasien Positif Corona di RSPI Sulianti Saroso

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mar 2020 05:07 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona

Yuri yang kini menjabat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes menambahkan, faktor psikologi mempengaruhi imunitas seseorang. Yuri mengatakan, mereka masih tertekan karena identitas terungkap.

"Sekarang mereka agak tertekan dengan itu. Dan ini saya katakan dari awal faktor psikologis akan berpengaruh pada status imunitas seseorang," kata Yuri.

Sementara itu, Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan kondisi keempat pasien positif virus Corona (COVID-19) di rumah sakitnya kian membaik. Kondisi mereka stabil meski masih ada batuk.

"Saya ingin menyampaikan kondisi dari pasien 01-04 alhamdulillah sampai saat ini tambah membaik. Jadi keempat pasien stabil, tidak panas, tapi sekali lagi masih ada batuk-batuk," kata Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (9/3/2020).

Syahril mengatakan keempat pasien itu bisa beraktivitas seperti biasa di ruang isolasi. Mereka, kata dia, juga sangat komunikatif ketika diajak bicara melalui CCTV.

"Bahkan kemarin jam 12 kami direksi dan teman-teman dokter paru mengadakan komunikasi langsung kepada dua pasien. Kan ada monitor, ada CCTV, kita bisa telepon dan bisa melihat dengan CCTV kepada pasien," katanya.

"Kemudian komunikasi baik bisa beraktivitas sehari-hari, bahkan bisa ke kamar mandi dan berpakaian sendiri. Dan mereka sangat akomodatif bisa menjawab dan happy," lanjut Syahril.

Halaman

(aan/idh)