Tersangka Suap Samin Tan Mangkir Lagi, KPK Ingatkan Kasus Rekayasa Setnov

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 22:25 WIB
Pengusaha Samin Tan tidak ditahan penyidik KPK setelah menjalani pemeriksaan. Samin merupakan tersangka pemberi suap pada mantan anggota DPR Eni Maulani Saragih.
Samin Tan Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Tersangka suap terhadap mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih, Samin Tan tidak memenuhi panggilan KPK. KPK menyebut Samin Tan tidak hadir karena sakit.

"Sebelumnya tanggal 5 Maret yang lalu kita sudah memanggil yang bersangkutan namun memang benar mengkonfirmasi hadir hari ini tanggal 9 Maret 2020. Namun setelah kami tunggu hari ini yang bersangkutan tersangka SMT (Samin Tan) ini tidak hadir sore hari kemudian ada informasi bahwa yang bersangkutan masih sakit," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (9/3/2020).

Ali mengatakan KPK akan menjadwalkan pemanggilan ulang terhadap Samin Tan. Ia berharap Samin Tan kooperatif memenuhi panggilan KPK.

"Namun demikian perlu kami sampaikan kepada tersangka SMT karena ini panggilan sudah kami layangkan dengan layak menurut hukum dan sudah diterima tentunya kami sampaikan agar tetap kooperatif memenuhi panggilan dari penyidik KPK," ujar Ali.

Ali kemudian menyinggung kasus rekayasa Setya Novanto. Ali menyebut kala itu eks Ketua Umum Golkar itu juga beralasan sakit ketika tidak memenuhi panggilan KPK. Namun setelah ditelusuri KPK, Setya Novanto terbukti melakukan rekayasa.

"Kepada pihak-pihak yang kalau kemudian sengaja melakukan penghalang terhadap penyidik KPK tentu ada konsekuensi hukumnya. Kita tahu perkara perkara terdahulu yang pernah diputus oleh pengadilan juga ketika perkara terdakwa SN (Setya Novanto) di sana ada keterangan sakit juga. Ternyata setelah ditelusuri ternyata ada rekayasa dan kesengajaan untuk menghalangi penyidikan," sebut Ali.

Untuk itu, Ali mengingatkan agar tidak ada pihak-pihak yang mencoba menghalangi proses penyidikan kasus Samin Tan tersebut. Ali mengatakan KPK akan menindak tegas pihak-pihak yang mencoba menghalangi penyidikan.

"Pihak-pihak terkait dengan SMT ini tidak melakukan hal demikian tentu penyidik KPK akan bersikap tegas terhadap pihak-pihak yang menghalangi proses penyidikan terhadap tersangka SMT," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2