Pemerintah Rahasiakan Lokasi 13 Pasien Positif Corona Diisolasi

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 20:35 WIB
Virus corona telah mewabah di China sejak Desember 2019 lalu. Hingga kini, tim medis terus berjuang untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona.
Foto: AP Photo
Jakarta - Ada yang berbeda dari pengumuman kasus virus Corona di Indonesia. Kali ini, lokasi RS tempat pasien diisolasi dirahasiakan.

Sebanyak 13 kasus baru diumumkan hari ini. Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto hanya menjelaskan gender, usia, kondisi pasien, hingga keterangan dari kasus masing-masing.

Tidak lagi disebutkan di RS mana mereka diisolasi. Dari 6 kasus sebelumnya, Yuri menyebut RS Sulianti Saroso dan RS Persahabatan yang dijadikan lokasi isolasi pasien kasus 1 hingga kasus 6.

Untuk 13 kasus baru, Yuri hanya menyebut mereka diisolasi di Jakarta dan luar Jakarta.

"Ada di Jakarta dan luar Jakarta," kata Yuri.

Sebelum merahasiakan RS tempat 13 pasien diisolasi, Yuri mengatakan pasien kasus 1 dan kasus 2 virus Corona mengalami masalah psikologis karena identitas mereka yang diketahui.

"Pasien 3 dan 4 sudah jauh lebuh bagus dari sebelumnya, tapi ada keluhan dan permintaan kepada kita yang harus berkali-kali nyatakan kami memberikan garansi tidak akan mengumumkan namanya, karena mereka takut seperti yang terjadi di 1 dan 2," ujar Yuri.

(dkp/zlf)