Ada Kasus Corona, AP II Siapkan Jalur Khusus Bagi Traveler dari 4 Negara

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 15:47 WIB
Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin
Muhammad Awaluddin (Foto: Kadek/detikcom)
Jakarta -

PT Angkasa Pura II (Persero) bersama Kantor Imigrasi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memastikan prosedur pembatasan kedatangan traveler dari Iran, Italia dan Korea Selatan dijalankan penuh di bandara-bandara yang dikelola perseroan. Pembatasan tersebut dilakukan sebagai upaya menekan potensi penyebaran virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

"Prosedur dijalankan secara ketat namun tetap memperhatikan pelayanan dan dilakukan dengan teratur. Seperti misalnya di Bandara Soekarno-Hatta di mana disediakan jalur khusus di terminal kedatangan internasional Soekarno-Hatta. Bagi traveler pemegang paspor dan penumpang dari Italia, China, Korea Selatan dan Iran akan diarahkan masuk jalur 1," ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Senin (9/3/2020).

"Selain itu, setiap maskapai akan memberikan informasi jumlah penumpang dari Iran, Italia dan Korea Selatan kepada KKP dan PT Angkasa Pura II," ujar Awaluddin.

Pemerintah sudah melakukan pembatasan terhadap warga negara asing (WNA) yang tiba dari tiga negara tersebut mulai Minggu (8/3). Pembatasan juga sudah dilakukan terhadap penumpang pesawat yang tiba dari China daratan.

AP II menyebut pemerintah tidak melarang penerbangan atau kedatangan traveler dari Iran, Italia dan Korea Selatan. Namun, yang dilakukan pemerintah adalah melakukan pembatasan.

"Jadi untuk penumpang yang dari negara-negara tadi memang masih ada seperti yang tadi kita sebutkan, Italia, China dan Korsel itu kita tidak menutup atau tidak membatasi atau menunda sementara penerbangan. Jadi penerbangannya pun masih ada," kata Awaluddin.

Simak Video "1 Pasien Terkait Corona di RSPI Ada Hubungan dengan Klub Dansa"

[Gambas:Video 20detik]