PDIP Sudah Putuskan Cawalkot untuk Solo, Gibran atau Purnomo?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 14:37 WIB
Bambang Wuryanto, bambang pacul
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wurianto (Foto: Rolando FS/detikcom)
Jakarta -

DPP PDIP telah memutuskan rekomendasi untuk Pilwalkot Kota Solo di mana ada dua nama yang cukup santer yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo. Pengumuman rekomendasi itu paling lambat akan disampaikan pada akhir bulan Maret ini.

"Solo sudah selesai, wis ono (sudah ada) list. Siapa Pak Pacul? Bukan hak saya, Pak Sekjen. Sudah (diputuskan), di depan bu ketum sudah selesai. Sudah kemarin-kemarin," kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wurianto di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Bambang, yang akrab disapa Pacul, mengatakan pengumuman rekomendasi bergantung pada keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Usai pengumuman, PDIP akan bergerak memenangkan pasangan calon merek.

"Saya kalau soal diumumkan kapan tergantung pada Sekjen dan Bu Ketum. Bambang Pacul kan taat pada tugasnya. Sesungguhnya tugas pada saat diketok, rapat DPP dihadiri ketua umun kan sudah. Berikutnya kita tinggal mengusahakan pemenangan," ucap Pacul.

Pengumuman rekomendasi Solo, kata Pacul, paling lambat akan disampaikan oleh Megawati pada akhir bulan Maret ini. Usai pengumuman nantinya, DPD Solo diharapkan tak meributkan rekomendasi yang sudah diputuskan oleh DPP.

"Akhir Maret paling mentok. Itungan saya, akhir Maret itu semua sudah selesai. Maka DPD kita beri kesempatan untuk bicara dengan DPC sampai dengan 23 Maret. 23 Maret mereka sudah nggak ribut, sudah putusan sendiri," ujar Pacul.

Pacul mengungkapkan alasan mendorong rekomendasi Pilwalkot Solo jauh sebelum pelaksanaan pilkada serentak. Dia mengatakan dengan persiapan lima bulan dapat memenangkan pasangan calonnya pada bulan September nanti.

"Kenapa DPP berusaha mempush dari awal, saya hitung itu, kami harus punya persiapan lima bulan. Sehingga rekom ditekan. Hitungan saya sebagai pemenangan, rekom 23 Maret selesai semua. Akhir Maret mudah mudahan semua sudah selesai," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo memimpin apel seribuan satgas di halaman Benteng Vastenburg, Minggu (8/3). Dalam sambutannya, dia menyampaikan agar kader PDIP Solo tidak takut untuk mendukung bakal pasangan calon Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

"Kalau saya menyampaikan Purnomo-Teguh pasti menang tapi nyambut gawe (bekerja) itu nggak salah, karena kita sudah melaksanakan proses penjaringan dan penyaringan menggunakan peraturan partai nomor 24 tahun 2017," kata Rudy.

Seperti diketahui, Purnomo-Teguh adalah satu-satunya pasangan yang diusung oleh DPC PDIP Solo dalam Pilkada Solo. Sementara nama-nama bakal calon lain, seperti Gibran Rakabuming Raka adalah peserta yang mendaftar lewat jalur DPD PDIP Jawa Tengah.

"Teman-teman satgas, pengurus partai, jangan khawatir kalau nanti sudah bicara Purnomo-Teguh disingkirkan, nggak ada itu," ujar dia.

Simak Juga Video "Ditanya Ingin Lanjutkan Dinasti Jokowi, Gibran: Masih Panjang Jalannya"

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/dhn)