Round-Up

Panglima TNI Bolak-balik Pulau Galang Siapkan RS Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Mar 2020 05:41 WIB
Hadi Tjahjanto adalah perwira tinggi TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987. Dia juga menjabat sebagai KSAU.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali meninjau lokasi yang rencananya akan dijadikan rumah sakit (RS) khusus virus Corona atau COVID-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Hadi menilai lokasi tersebut tepat untuk RS khusus virus Corona karena letaknya yang jauh dari permukiman warga.

Kunjungan terakhir Hadi ke Pulau Galang digelar di pada Minggu (8/3/2020). Catatan detikcom, Hadi juga meninjau lokasi yang sama pada Rabu (4/3).

Panglima TNI Bolak-balik Pulau Galang Siapkan RS CoronaPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kunjungi Pulau Galang, Minggu (8/3/2020). (Kadek/detikcom).


Dalam kunjungan terakhir, Kapolri Jenderal Idham Azis juga ikut dalam rombongan. Selain itu, ada juga sejumlah pejabat lainnya, yakni Kepala BNPB Doni Monardo, Pangkogabwilhan 1 Laksamana Madya Yudo Margono, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Hadi menilai Pulau Galang merupakan tempat yang ideal untuk di bangun RS khusus tempat observasi dan isolasi. Hal itu karena lokasinya berada di tengah hutan serta jarak dengan pemukiman lumayan jauh.

"Pulau Galang adalah salah satu tempat ideal yang nantinya akan dibangun satu RS khusus. RS yang memiliki fasilitas sebagai observasi dan fasilitas sebagai isolasi. Tempatnya sangat ideal di tengah hutan. Jarak dengan penduduk kurang lebih 2 hingga 3 kilometer (km)," ujar Hadi saat memberikan pengarahan kepada jajarannya di Pulau Galang.

Panglima TNI Hadi Tjahjahto tinjau Pulau Galang pada Rabu (4/3).Panglima TNI Hadi Tjahjahto tinjau Pulau Galang pada Rabu (4/3). (Foto: Agus Siswanto Siagian)

Selain jarak dan lokasi yang dirasa ideal, Hadi menuturkan, akses menuju lokasi juga cukup mudah. Sebab, dekat dengan bandara yang bisa didarati oleh pesawat berbadan besar maupun kecil.

"Dan kalau ada pasien yang harus dikirim dari luar Negeri maupun dari wilayah Indonesia kapan pun bisa sampai sini karena memiliki bandara yang bisa didarati oleh pesawat kecil maupun pesawat berbadan lebar, dan jarak dari bandara ke pulau Galang ini kurang lebih 1 jam," tuturnya.

Rabu Besok, Jokowi Gelar Ratas Bahas Pembangunan RS untuk Corona!:

Selanjutnya
Halaman
1 2