Semrawut PKL di Trotoar Sudirman, Dispar Palembang: Harus Ditertibkan!

Raja Adil Siregar - detikNews
Minggu, 08 Mar 2020 10:45 WIB
Suasana Pedestrian Sudirman, Palembang, Sumsel, Sabtu (7/3) malam.
Suasana di jalur pedestrian Sudirman, Palembang, Sumatera Selatan. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang -

Jalur pedestrian Sudirman yang menjadi destinasi wisata andalan di Kota Palembang kini semrawut dan dipenuhi pedagang kaki lima (PKL) liar tanpa izin. Dinas Pariwisata pun angkat bicara.

"Saya akui itu sekarang sudah semrawut. Bukan karena dari berita hari ini saja, tapi sudah lama itu kita pantau dan berulang kali mau ditertibkan," ujar Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani kepada detikcom, Minggu (8/3/2020).

Namun, lanjut Madani, penertiban tidak dapat maksimal karena PKL di sekitar semakin menjamur. Bahkan petugas di lapangan pun kerap diancam oleh para preman dan PKL liar.

Suasana di pedestrian Sudirman, Kota Palembang.Suasana di jalur pedestrian Sudirman, Kota Palembang. (Raja Adil Siregar/detikcom)

"Di mana ada gula, di situ ada semut, dan begitulah pedestrian Sudirman saat ini. Saya juga prihatin dan sudah koordinasi dengan dinas terkait agar ini ditertibkan," kata Isnaini.

Diakui Isnaini, keberadaan PKL di jalur pedestrian membuat wisatawan mulai terganggu. Sebab, banyak PKL berjualan di area terlarang yang seharusnya untuk atraksi dan komunitas.

Tidak hanya itu, trotoar yang sudah dipercantik pun kini mulai terlihat jorok dan tidak terurus karena ulah PKL. Tentu hal ini menjadikan salah satu destinasi di Kota Pempek sebagai wisata terintegrasi jadi buruk.

"Jelas, dulu saat kami bentuk, saat Asian Games itu tertata rapi. Ada kita sediakan khusus kuliner, khusus untuk komunitas, atraksi, area parkir, dan sebagainya, tapi sekarang semrawut. Ini tugas bersama," kata Isnaini.

Selanjutnya
Halaman
1 2