Kemenhub Galang Dana Bantu Korban Kebakaran Rumah di Toli-Toli

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Minggu, 08 Mar 2020 10:04 WIB
Kemenhub
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu menginisiasi kegiatan bakti sosial untuk membantu para korban musibah kebakaran di Toli-Toli, Sulawesi Tengah. Bantuan yang berhasil dikumpulkan berupa sembako, perlengkapan masak, perlengkapan sekolah, sarung, tikar, kompor gas, terpal dan kebutuhan lainnya dengan nilai total sekitar Rp 130 juta.

Sejumlah pihak juga mendukung aksi kemanusiaan ini, mulai dari seluruh UPT Ditjen Hubla di Sulawesi Tengah, Kantor BPTD, Kantor Bea dan Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, INSA, ALFI/ILFA, sejumlah Tersus/TUKS, serta beberapa perusahaan pelayaran dan keagenan kapal di wilayah Teluk Palu serta stakeholder terkait dan pengguna jasa.

"Kami selaku inisiator mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan bakti sosial ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujar Kepala Kantor KSOP Kelas II Teluk Palu Abd. Rahman dalam keterangan tertulis, Minggu (8/3/2020).

Hal itu disampaikannya saat menyerahkan bantuan tersebut kepada Bupati Toli-Toli Mohammad Saleh Bantilan pada Jumat (6/3/2020) di halaman Kantor KSOP Kelas IV Toli-Toli. Acara turut dihadiri oleh instansi pemerintah, sejumlah tokoh masyarakat serta para korban yang terdampak musibah kebakaran di Toli-Toli.

Rahman berharap agar kegiatan sosial seperti ini dapat terus dilakukan sebagai wujud kepedulian dan solidaritas kemanusiaan terhadap para korban yang terkena musibah di manapun berada. Ke depan, seluruh UPT Ditjen Hubla di Sulawesi Tengah, bersama-sama dengan instansi pemerintah dan unsur maritim harus lebih kompak dan solid dalam mendukung kegiatan-kegiatan semacam ini.

"Tujuannya bukan hanya untuk menumbuhkan rasa kepedulian namun juga dapat berkontribusi aktif dan memberikan manfaat untuk masyarakat yang terdampak musibah," pungkas Rahman.

Sebagai informasi, si jago merah mengamuk di kawasan Jalan Bubara dan Lumba-lumba Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah pada awal Februari 2020 lalu. Sekira 300 rumah warga hangus terbakar.

Tonton juga Kemenhub Bakal Potong Truk 'Obesitas' demi Keselamatan! :

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)