Tak Maju di Pilgub Sumbar 2020, Andre Rosiade: Tunggu di 2024

Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 19:17 WIB
Politikus Gerindra Andre Rosiade (Jeka Kampai/detikcom)
Politikus Gerindra Andre Rosiade (Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Ketua DPD Partai Gerindra Andre Rosiade menegaskan tidak akan maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat (Sumbar) 2020. Namun Andre memberi sinyal akan ada langkah politik pada Pemilu 2024.

"Harus saya tegaskan lagi. Saya tidak akan maju di Pilgub Sumbar 2020. Tunggu saja di 2024," kata anggota Komisi VI DPR-RI itu kepada wartawan seusai kuliah umum di Universitas Dharma Andalas (Unidha), Padang, Sabtu (7/3/2020).


Dalam survei yang dirilis Arah Baru Centre (ABC) beberapa waktu lalu, nama Andre masuk daftar nama bakal calon meski tidak tiga besar. Andre menegaskan akan menuntaskan kinerjanya di DPR selama 5 tahun.

"Betul, banyak yang menginginkan saya maju pilgub di Sumbar. Namun saya ingin mengemban amanah 5 tahun sebagai wakil rakyat di DPR RI. Saya tidak ingin mengkhianati kepercayaan yang sudah diberikan," kata dia.

Dia mengatakan Partai Gerindra sudah sempat menanyakan kesiapan maju di Pilkada Sumbar. Namun dirinya memilih tetap menjadi legislator.

"Pada Agustus 2019 saya ditanya DPP Gerindra untuk maju di pilkada. Namun saat itu sudah saya putuskan tetap fokus menjadi wakil rakyat," kata dia.

Dalam hasil survei ABC itu, Andre memiliki elektabilitas 4,0 persen dan berada di posisi ke-8 dari 14 kandidat yang masuk survei calon gubernur. Sedangkan untuk posisi calon wakil gubernur, peringkat Andre di posisi kelima dengan elektabilitas 5,3 persen.

(idh/idh)