Perkuat Sinergi Aksi Kemanusiaan, CT ARSA Foundation Silaturahim dengan PMI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 10:50 WIB
Ketua CT ARSA Foundation Anita Ratnasari Tanjung berkunkung ke kantor Palang Merah Indonesia.
Foto: Ketua CT ARSA Foundation Anita Ratnasari Tanjung Berdiskusi dengan Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla. (Ezra Mulyadi)
Jakarta - CT ARSA Foundation berkunjung ke Palang Merah Indonesia (PMI). Pertemuan itu guna memperkuat sinergi dalam aksi kemanusiaan mengingat bencana alam yang banyak terjadi di Indonesia.

Bencana alam mulai dari banjir, longsor, gempa bumi, hingga gunung erupsi terjadi mengawali tahun 2020 hingga beberapa hari lalu. Sebagai negara yang sering mengalami kejadian bencana, Indonesia selalu berupaya untuk menjadi bangsa yang siaga dan siap menghadapinya.

Upaya ini tertuang dalam sebuah siklus manajemen kebencanaan. Yaitu pra bencana yang meliputi proses pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan. Tanggap darurat seperti proses pencarian dan pertolongan (search and rescue), bantuan darurat, serta pengungsian. Sementara pascabencana meliputi proses pemulihan, rehabilitasi, dan rekonstruksi.

Sebagai yayasan sosial yang peduli terhadap kebencanaan, CT ARSA Foundation ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial saat terjadinya bencana. Misalnya, kegiatan psikososial bagi anak-anak korban bencana alam, donasi dan distribusi bantuan logistik, bantuan penerangan, pembangunan fasilitas belajar dan rumah ibadah, pelayanan kesehatan, dapur umum, dan posko peduli.

Suasana hangat saat silaturahmi. Kolaborasi dilakukan untuk Indonesia lebih baik.Suasana hangat saat silaturahmi. Kolaborasi dilakukan untuk Indonesia lebih baik. Foto: Ezra Mulyadi

Karena itu, guna memperkuat sinergi dan kolaborasi mencapai tujuan bersama di bidang kebencanaan dan kemanusiaan, CT ARSA Foundation bersilaturahmi dan berkunjung ke kantor PMI di Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Jumat (6/3/2020). Pertemuan ini dihadiri oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Sekretaris Umum PMI Sudirman Said, dan Ketua Bidang Penanganan Bencana Letjen TNI (Purn) Sumarsono.

Sementara dari pihak CT ARSA Foundation, dihadiri oleh Anita Ratnasari Tanjung sebagai ketua, Abdul Aziz sebagai Direktur Utama detikcom sekaligus jajaran pengurus, Gatut Mukti sebagai general manager, serta Nurhasanah Shihab sebagai operational manager.

Dalam pertemuan itu, Anita Ratnasari Tanjung menyampaikan sejarah terbentuknya CT ARSA Foundation yang juga berawal dari kejadian bencana tsunami Aceh, visi misi yayasan, serta perkembangannya hingga sekarang, dan peran serta CT ARSA Foundation dalam setiap kejadian bencana alam di Indonesia. Ia juga menyampaikan maksud dan tujuannya datang dalam silaturahim ini.

"Saya fokus di foundation, karena saya ingin ada perubahan di Indonesia. Kita berjuang dan ingin berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia untuk sama-sama membantu Indonesia," ucapnya.

Foto bersama setelah silaturahmi dan berdiskusi untuk memperkuat sinergi dalam kegiatan sosial kemanusiaan.Foto bersama setelah silaturahmi dan berdiskusi untuk memperkuat sinergi dalam kegiatan sosial kemanusiaan. Foto: Ezra Mulyadi

Tujuan ini disambut baik oleh Jusuf Kalla, yang saat itu juga menyampaikan berbagai hal mengenai PMI. Misalnya, kegiatan sosial, sarana dan fasilitas yang dimiliki, dan pengalaman bagaimana PMI sudah melakukan kerjasama dengan bagian usaha CT Corp dalam penanganan bencana alam.

"Pasti, kita bisa berkolaborasi. Kita masuk ke dalam dunia kesehatan dan bencana alam. Kita cari apa yang dibutuhkan CT ARSA Foundation, apa yang dibutuhkan PMI, kita bekerja sama, bisa saling melengkapi," ujarnya.

Pertemuan berlangsung sekitar satu jam. Setelah saling menyampaikan segala hal mengenai lembaga masing-masing, kedua belah pihak melanjutkan dengan berdiskusi dan tukar pendapat tentang kegiatan sosial kemanusiaan serta upaya ke depan untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

Simak Video "Video Charity Fun Walk CT Arsa di Bandung"

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)