Bertolak ke Tembagapura Papua, Polisi-TNI Siap Tindak Tegas KKSB

Saiman - detikNews
Sabtu, 07 Mar 2020 08:19 WIB
Bertolak ke Tembagapura, Polisi-TNI Siap Tindak Tegas KKSB
Foto: Saiman/detikcom
Timika -

Polisi bersama TNI bertolak ke Tembagapura terkait aksi penembakan mobil patroli dan Polsek Tembagapura oleh KKSB (Kelompok Kriminal Separatisme Bersenjata). Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan pihaknya akan segera menindak tegas para pelaku teror tersebut.

"Ini memang trauma masyarakat, membuktikan bahwa kelompok-kelompok ini (KKSB) memang meresahkan warga. Dengan masyarakat meninggalkan tempat, bukti pula warga tidak mendukung pergerakan mereka," Kata Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, saat ditemui di Timika, Papua, Sabtu (7/3/2020).

Paulus menambahkan sebagian besar warga telah meninggalkan wilayah Tembagapura. Paulus berjanji pihaknya akan menumpas habis kelompok tersebut.

"Kami akan secepatnya melakukan tindakan hukum tegas kepada mereka (KKSB), secepatnya, mudah-mudahan hari ini sudah bisa," kata Paulus.

Pantauan detikcom pukul 09.00 WIT, Paulus bersama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan sejumlah pasukannya bertolak ke Tembagapura. Mereka menaiki mobil lapis baja.

Diberitakan sebelumnya, ratusan warga dari Kampung Banti, Opitawak dan Kimberli mengungsi ke Timika, Papua, pasca aksi penembakan yang dilakukan oleh KKSB (Kelompok Kriminal Separatisme Bersenjata) beberapa hari terakhir di Wilayah Tembagapura.

(isa/isa)