Ma'ruf Maklumi Saudi Hentikan Umroh Sementara: Untuk Selamatkan Jemaah

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 16:09 WIB
Wapres Maruf Amin.
Foto: Wapres Ma'ruf Amin. (Lisye-detikcom)
Pekanbaru -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memaklumi otoritas Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan ibadah umroh terkait virus Corona. Ma'ruf menilai kebijakan itu diambil untuk mencegah jemaah dari virus Corona.

"Ya itu kan, sebenarnya kita ingin supaya tetap umroh itu bisa. Tetapi mereka (pemerintah Arab Saudi) punya pertimbangan untuk menyelamatkannya, karena sudah mulai ada yang mulai terjangkit (Corona)," kata Ma'ruf usai menerima anugerah Bapak Ekonomo Syariah Indonesia di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Pekambaru, Jumat (6/3/20120).

Ma'ruf menjelaskan tidak hanya jemaah dari luar Arab Saudi saja yang tidak boleh umroh untuk sementara. Kebijakan yang sama juga diberlakukan untuk warga Saudi.

"Saya dengar bukan hanya umroh dari luar negeri, dari lokalnya sendiri juga sudah. Guna untuk menghindarkan penularan, artinya memang mereka sangat masif untuk mencegah penyebaran. Saya kita bisa maklumilah ketika Corona itu makin lama makin berkembang," ujarnya.
Lantas bagaimana nasib calon Jemaah haji tahun ini?.

Sementara, Ma'ruf menjelaskan persiapan haji masih normal. Pemerintah masih memantau perkembangannya.

"Haji persiapan masih normal, tapi kita akan tentu lihat pada saatnya. Kalau memang menjadi bahaya, tidak aman, tentu keputusannya akan lain. Sampai hari ini tidak ada perubahan ya (soal haji)" pungkasnya.

Tonton video Komisi 8 DPR Bakal Bantu Jemaah yang Batal Umrah:

[Gambas:Video 20detik]



(cha/idh)