Selain Skandal Korupsi Rp 37 Triliun PT TPPI, Ini 5 Kasus Megakorupsi Lainnya

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 08:03 WIB
Raden Priyono dan Djoko Harsono yang merupakan terdakwa kasus skandal mega korupsi Rp 37,8 triliun kembali jalani sidang lanjutan. Sidang digelar di PN Jakpus.
Raden Priyono (ari/detikcom)
4. Kasus Bank Bapindo

Nama Eddy Tansil membuat geger banyak pihak di era Soeharto. Ia membobol Bapindo senilai Rp 1,3 triliun (kurs kala itu Rp 2.000-an per dolar AS).

Selain Skandal Korupsi Rp 37 Triliun PT TPPI, Ini 5 Kasus Megakorupsi LainnyaEdy Tansil

Eddy dihukum 20 tahun penjara dan dijebloskan ke LP Cipinang. Tapi apa nyana, ia kabur pada 14 Mei 1996 dan hilang tanpa jejak hingga hari ini.

5. Dicky Si Pembobol Bank Duta dan BNI

Pembobolan Bank Duta dilakukan oleh Wakil Dirut-nya, Dicky Iskandar Dinata. Pembobolan itu dilakukan pada awal '90-an. Dicky berhasil menggondol Rp 811 miliar. Ingat! Kala itu kurs dolar Amerika Serikat masih Rp 2 ribuan. Alhasil, korupsi Dicky menjadi korupsi yang sangat besar.

Setelah melalui proses hukum yang panjang, Dicky akhirnya dihukum 8 tahun penjara oleh Mahkamah Agung (MA). Selain itu, MA memerintahkan Dicky mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 811 miliar.

Selepas keluar dari penjara, Dicky tidak kapok dan malah terlibat korupsi lagi. Ia membobol BNI senilai Rp 1,4 triliun pada awal 2000-an. Dicky akhirnya dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

Ayah sineas Nia Dinata itu akhirnya meninggal dunia di penjara pada November 2005.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5