Selain Skandal Korupsi Rp 37 Triliun PT TPPI, Ini 5 Kasus Megakorupsi Lainnya

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 08:03 WIB
Raden Priyono dan Djoko Harsono yang merupakan terdakwa kasus skandal mega korupsi Rp 37,8 triliun kembali jalani sidang lanjutan. Sidang digelar di PN Jakpus.
Raden Priyono (ari/detikcom)
Jakarta -

Skandal mega korupsi PT TPPI sebesar Rp 37,8 triliun tengah diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Tiga terdakwa duduk di kursi pesakitan. Salah satu terdakwa menyebut-nyebut ia hanya melaksanakan perintah mantan Wapres Jusuf Kalla. Jadi skandal terbesar korupsi di RI.

Berikut sederetan kasus korupsi terbesar dalam sejarah di RI yang dirangkum detikcom, Jumat (6/3/2020):

1. Skandal PT TPPI

PT Trans Pacific Petrochemical Indonesia (TPPI) adalah BUMN di sektor migas. Kilangnya berada di Tuban, Jawa Timur. Saham PT TPPI matoritas dikuasai Pemerintah dan Pertamina. Krisis ekonomi 1998 membuat perusahaan itu rontok. Berbagai upaya penyelamatan terus dilakukan.

Pada 2008, JK meminta PT TPPI diselamatkan. Atas hal itu, Kepala BP Migas Raden Priyono menindaklanjutinya dan mengucurkan dana USD 2,7 miliar. Belakangan, kasus ini dinilai berbau korupsi.

Akhirnya Raden Priyono diadili di PN Jakpus. Ikut pula diadili mantan Deputi Finansial Ekonomi dan Pemasaran BP Migas, Djoko Harsono. Adapun Dirut PT TPPI, Honggo Wendratno disidang secara in absentia karena dia menghilang dan menjadi buronan Polri.

Mereka bertiga didakwa bersama-sama korupsi USD 2,7 miliar atau setara Rp 37,8 triliun.

JK menyatakan apa yang dilakukan PT TPPI adalah kebijakan negara dan kasus PT TPPI adalah kasus perdata.

"Kebijakan yang ditempuh saat itu untuk mengurangi impor BBM dan memanfaatkan TPPI yang merupakan industri petrochemical yang sahamnya mayoritas milik Pertamina. Jadi Raden Priyono menjalankan kebijakan pemerintah," ujar jubir JK, Husain Abdullah pada 27 Februari 2020.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5