Penolakan terhadap Viking Sun Dinilai Tepat Demi Lindungi RI dari Corona

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 21:10 WIB
Kapal Pesiar Viking Sun akhirnya berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak, usai sebelumnya ditolak Pemkot Semarang. Kapal itu dibolehkan berlabuh tapi dengan syarat.
Foto: Kapal pesiar Viking Sun di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang (Angling Adhitya Purbaya)
Jakarta -

Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, dan Semarang, Jawa Tengah menolak permohonan kapal pesiar Viking Sun untuk berlabuh. Kapal saat ini sedang berada di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang untuk memuat logistik.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menolak seluruh penumpang dan kru turun di kota Semarang. Padahal rencananya, sejumlah penumpang akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kota Semarang dan Candi Borobudur di Magelang.

Dalam suratnya, Hendrar menyatakan penolakan tersebut disebabkan kapal tersebut telah mampir di sejumlah kota yang terjangkit COVID-19. Dalam rencana perjalanan disebutkan kapal yang mulai berlayar dari Amerika Serikat itu sempat mampir di Selandia Baru dan Australia.

"... Maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium yang membutuhkan waktu 2 hari, dan memperhatikan hal-hal tersebut di atas untuk meminimalisir potensi kontaminasi dan segala sumber terinfeksi serta demi melindungi warga Kota Semarang."

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengeluarkan surat penundaan bagi kapal yang rencananya berlabuh di Surabaya pada 6 Maret 2020. "Berdasarkan informasi yang diperoleh, di dalam kapal tersebut terdapat dua orang yang menderita sakit demam, batu, dan pilek," tulis Risma.