Beda dengan WHO, RI Sikapi Corona Seperti Influenza

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 15:08 WIB
Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto
Juru bicara pemerintah soal penanganan virus corona, Achmad Yurianto (Andhika P/detikcom)
Jakarta -

Indonesia tidak panik menghadapi virus corona. Berbeda dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia menyikapi COVID-19 sama seperti menyikapi flu.

"Covid-19 itu juga influenza. Mestinya kita juga menyikapi seperti itu. Tidak perlu ditambah dengan kepanikan-kepanikan yang tidak perlu," kata juru bicara pemerintah soal penanganan virus corona, Achmad Yurianto, di COVID-19 Media Center, Gedung Bina Graha, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Yurianto yang merupakan Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Sesditjen P2P Kemenkes) ini menjelaskan perihal MERS dan SARS yang merupakan keluarga coronavirus. Dua pendahulu COVID-19 itu pernah mewabah di tahun-tahun sebelumnya. Semua jenis virus itu disebutnya sebagai keluarga besar influenza.

"Bertahun-tahun kita berhadapan dengan influenza dan benar sudah respons kita," kata Yurianto.

Dia menilai masyarakat sudah punya pola pikir yang baik untuk menyikapi orang yang sakit flu, yakni pengidap flu memakai masker dan disuruh tidur di tempat yang terpisah. Dengan pengalaman Indonesia menghadapi flu, maka Indonesia juga bisa menghadapi virus Corona dengan baik. Toh pasien Corona juga banyak yang sembuh sendiri.

"Apalagi jelas sekarang 50% lebih sembuh sendiri dan menjadi baik," kata Yurianto.

Selanjutnya
Halaman
1 2