Dukung Gibran-Bobby di Pilkada? PPP Pilih yang Potensi Menangnya Besar

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 15:01 WIB
Arsul Sani
Sekjen PPP Arsul Sani (Foto: Mochamad Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta -

PPP mengaku belum memutuskan apakah akan mengusung putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution, dalam Pilkada Serentak 2020. PPP menegaskan akan mengusung calon kepala daerah yang potensi menangnya besar.

"Kalau mendukung, ya, paling kita hanya melihat tingkat popularitas dan elektabilitasnya, ya. Karena apakah mendukung mau mengusung itu partai kan penginnya yang potensi menangnya gede," kata Sekjen PPP Arsul Sani di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Kader muda PPP Solo telah menyatakan antusias mendukung Gibran dalam Pilkada Solo mendatang. Namun untuk Pilkada Medan, Arsul mengaku belum berkomunikasi dengan kader PPP setempat.

"Medan kalau sekarang untuk soal Pilwalkot Medan, teman-teman di DPC, maupun DPC Kota Medan dan DPW Sumut itu belum menyampaikan kepada kita. Jadi saya belum tahu mau dukung siapa," ungkap Arsul.

Arsul mengungkapkan PPP saat ini menerapkan sistem bottom-up. Jadi, sebut dia, PPP tingkat DPC maupun DPW yang akan menyaring bakal calon kepala daerah.

"Jadi semua calon kepala daerah itu mendaftar, berhubungan dengan pengurus-pengurus PPP di tingkat kabupaten atau kota. Kalau dia pilbup, maka ya berhubungannya di tingkat wilayah," ungkap dia.

"Tentu kemudian struktur partai di bawah itu harus membuka pendaftaran dan kemudian mengajukan kepada DPP paling tidak tiga orang calon dari semua yang mendaftar," imbuh Arsul.

Sebelumnya, PDIP sendiri belum memutuskan akan mengusung Gibran di Pilkada Solo. Untuk Bobby, dia masuk daftar bakal calon Wali Kota Medan di Partai Golkar.

"Ada lima. Ada Pak Bobby, ada Pak Akhyar, Ihwan Ritonga, Pak Rolel Harahap, dan Pak Maruli Siahaan," kata Plt Ketua DPD Partai Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tanjung di Medan, Rabu (19/2).

Simak juga video KPU Sudah Terima 147 Bakal Calon Independen di Pilkada 2020:

[Gambas:Video 20detik]



(zak/azr)