Ke BPN Bandung, Wamen ATR Ingin Selesaikan Kasus Tanah Tamansari

Reyhan Diandra - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 14:57 WIB
Surya Tjandra
Foto: Kementerian ATR
Jakarta -

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Surya Tjandra mengungkapkan pelayanan kepada masyarakat merupakan wajah dari Kantor Pertanahan. Hal itu karena masyarakat bisa melihat langsung apa saja yang dilakukan oleh pegawai di kantor pertanahan tersebut.

"Kantor Pertanahan Kota Bandung merupakan suatu model yang menarik. Bagi saya, ini menjadi sebuah kehormatan bisa melihat langsung kegiatan pelayanan di kantor ini. Namun, Kementerian ATR/BPN juga perlu memperhatikan khususnya pelayanan rutin kepada masyarakat, karena masyarakat melihat BPN bagus tidaknya ya dari situ," ujar Surya, dalam keterangan tertulis, Kamis(5/3/2020).

Kunjungan ke Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Barat dan Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Bandung pada Jumat (28/2), merupakan kunjungan pertama kali Surya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga bertukar pikiran dengan beberapa Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat dan meninjau Loket Pertanahan serta Command Centre di Kantor Pertanahan Kota Bandung didampingi oleh Kepala Kantor Pertanahan Kota Bandung Andi Kadandio Aleppudin.

Surya mengungkapkan, bahwa Kantor Pertanahan di Provinsi lain dapat meniru model pelayanan di Kantah Kota Bandung.

"Saya menyadari bahwa dahulu banyak terdapat kekurangan dalam pelayanan di Kantor Pertanahan, hanya sekarang kita sudah melakukan perbaikan. Sudah lebih baik, mudah-mudahan koordinasi antara Kantor Pertanahan dengan Kementerian ATR/BPN bisa terus terjalin baik supaya tercipta sinergi," imbuh Surya.

Sebelum meninjau Kantor Pertanahan Kota Bandung, Wamen ATR/Waka BPN juga berkesempatan mengunjungi Kantor Wilayah BPN Provinsi Bandung. Dalam kesempatan tersebut, Wamen ATR/Waka BPN bertukar pikiran dengan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat Yusuf Purnama, Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota Bandung, Kakantah Kabupaten Bandung, Kakantah Kabupaten Bandung Barat, Kakantah Kabupaten Cianjur, Kakantah Kabupaten Sumedang, Kakantah Kabupaten Purwakarta, dan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat.

Surya memuji kondisi Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat serta sumber daya yang dimiliki. Ia mengutarakan bahwa Kementerian ATR/BPN tidak berarti tanpa peranan Kanwil yang selalu mendukung.

"Jajaran pegawai di Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat kantornya bagus dan orang-orangnya bagus. Saya melihat ketulusan dan semangat dalam bekerja. Perlu diketahui bahwa Kementerian ATR/BPN tidak ada artinya tanpa peran Kanwil BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan," ungkap Surya.

Surya berharap, bahwa ke depannya ia ingin menemui masyarakat yang terkena dampak konflik pertanahan. Contohnya masyarakat Tamansari yang mengalami penggusuran.

"Contohnya Tamansari. Di sana ada yang konfliknya sudah selesai, tapi ada juga yang belum selesai. Mungkin dengan mengunjungi mereka, bisa ketemu solusi. Kita juga harus mengubah pendekatan, biasanya normatif, kini kita harus mau menyapa mereka," pungkasnya.

Simak juga video Video Ricuh Tamansari Bandung Viral di Media Sosial:

[Gambas:Video 20detik]



(mul/ega)