1 WNI ABK Diamond Princess yang Sembuh dari Corona Dipulangkan Hari Ini

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 13:09 WIB
Seorang pasien suspect Corona meninggal pagi tadi di Rumah Sakit dr Hafidz (RSDH) Cianjur. Kemenkes menyatakan pasien tersebut negatif virus corona.
Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes, Achmad Yurianto (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Empat warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess yang sempat positif virus Corona telah dinyatakan pulih. Seorang WNI yang telah dinyatakan sembuh akan dipulangkan hari ini.

"Hari ini kita akan menerima satu orang ABK eks Diamond Princess yang sebelumnya 9 orang dirawat di Jepang karena positif (Corona), hari ini satu (orang) pulang karena sudah dinyatakan dua kali pemeriksaan negatif, dan kemudian dipulangkan ke Indonesia atas biaya perusahaan," kata Sesditjen P2P Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto di gedung KSP, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Seorang WNI lain ABK Diamond Princess yang dinyatakan sembuh sebelumnya sudah pulang ke Indonesia bersama rombongan yang dijemput dari Jepang pada Senin (2/3) lalu. Sebanyak dua WNI lain masih harus menjalani satu kali pemeriksaan lagi untuk kemudian dipulangkan jika hasilnya negatif Corona.

"Besok kita akan menerima dua orang lagi yang hasilnya bagus sekali, negatif. Hari ini diperiksa untuk yang kedua kalinya, kalau negatif maka hari ini dia sudah dikeluarkan dari rumah sakit," ujarnya.