RSUZA Aceh Siapkan 7 Dokter Paru-18 Perawat untuk Tangani Pasien Corona

ADVERTISEMENT

RSUZA Aceh Siapkan 7 Dokter Paru-18 Perawat untuk Tangani Pasien Corona

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 02:54 WIB
RSUZA Aceh
RSUZA Aceh Foto: Agus Setyadi/detikcom
Banda Aceh -

Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh menyiapkan enam ruangan khusus untuk menangani pasien virus Corona. Tujuh dokter paru serta 18 perawat yang sudah dilatih khusus disiagakan.

"Kami sangat siap untuk menangani Corona. Petugas kami tujuh dokter spesialis paru, dan 18 orang perawat yang sudah mendapat pelatihan khusus seperti apa penggunaan APD (alat pelindung diri) yang sudah dilatih khusus. Mereka sudah teruji sejak 2002, 2003 saat Mers, Sars juga petugas yang sama," kata Direktur RSUZA Banda Aceh dr. Azharuddin dalam konferensi pers di Banda Aceh, Rabu (4/3/2020).

Menurutnya, ruang khusus yang dipersiapkan untuk pasien Corona terletak di rumah sakit lama yang berjarak sekitar 200 meter dari rumah sakit baru. Di sana sudah disiapkan pintu khusus sehingga bila ada pasien suspect Corona tidak lagi dibawa ke IGD umum.

Pihak rumah sakit juga menyiapkan ambulans khusus. Penanganan terhadap pasien, jelas Azharuddin, bakal dilakukan sesuai prosedur standar.

"Petugas di sana sudah dilatih khusus dan siap siaga 24 jam. Kalau saya sebutkan tanpa berlebihan kita sudah mewakafkan diri sesuai sumpah dokter dan kita tidak akan lari dari persoalan dan ini adalah tanggung jawab kita bersama. Insyaallah kita akan lakukan yang terbaik," jelas Azharuddin.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT