10 Buruh Ditangkap Buntut Aksi Ricuh di Tangerang

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 22:18 WIB
Kapolres Kota Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi
Foto: Kapolres Kota Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi. (Istimewa)
Tangerang -

Polres Kota Tangerang mengamankan 10 orang oknum buruh yang diduga terlibat dalam kericuhan di wilayah Pasarkemis, Tangerang. Kericuhan itu mengakibatkan salah satu karyawan perusahaan menderita luka dan 2 giginya copot.

Kapolres Kota Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan peristiwa itu terjadi saat buruh menggelar aksi unjuk rasa. Menurutnya, rombongan buruh memaksa memasuki salah satu perusahaan.

"Saat beberapa oknum buruh yang menjadi massa aksi memaksa masuk, terjadi penolakan dari perusahaan tersebut sehingga akibatnya ada karyawan perusahaan itu yang mengalami luka karena menjadi korban kekerasan secara bersama-sama di muka umum atau dikeroyok," kata Ade dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/3/2020).


Ade mengaku prihatin dan menyayangkan peristiwa itu. Sebab, kata Ade, pada koordinasi sebelumnya sudah ada komitmen untuk menggelar aksi damai.

"Sampai dengan saat ini, pemeriksaan masih berlangsung dengan memeriksa bukti dan saksi-saksi," katanya.

Ade menyebut 10 orang yang diamankan masih menjalani pemeriksaan intensif berstatus sebagai saksi. Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan status 10 orang itu ditingkatkan menjadi tersangka bila hasil pemeriksaan diperoleh keterangan dan bukti yang cukup.

"Apabila dari hasil pemeriksaan ada bukti yang cukup, maka kami akan meningkatkan statusnya menjadi tersangka sesuai peran masing-masing," kata Ade.

(fas/idh)