Pemprov DKI Usul RSUD Cengkareng-Pasar Minggu Jadi Tempat Rujukan Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 17:35 WIB
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti.
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti. (Arief/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengajukan RSUD Cengkareng dan RSUD Pasar Minggu sebagai rujukan penanganan virus Corona (COVID-19). Penambahan rumah sakit rujukan itu harus diputuskan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"RS rujukan itu kewenangan pemerintah pusat. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kemenkes tambahan RS rujukan. Jadi DKI Jakarta yang awalnya tiga, kita sudah proses penambahan untuk RS rujukan lagi," ucap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (4/3/2020).



RS Cengkareng berada di Jakarta Barat, sedangkan RS Pasar Minggu berada di Jakarta Selatan. Jadi, RS rujukan Corona akan tersebar ke semua wilayah DKI Jakarta.

"Yang diusulkan adalah RS Cengkareng dan RS Pasar Minggu, kita tahu tiga RS (rujukan saat ini) letaknya di utara (RSPI Sulianti Saroso), timur (RS Persahabatan), dan pusat (RSPAD Gatot Soebroto), dua lain yang kita usulkan barat di Cengkareng, dan selatan di Pasar Minggu," ucap Widyastuti.



Menurut data Dinas Kesehatan, terdapat 26 orang yang dirawat di RS karena suspect virus Corona. Mereka tersebar di tiga RS rujukan.

"Kami sampaikan bahwa pasien dengan pengawasan dirawat di RS rujukan. RS rujukan ada 3, RS Persahabatan, RSPAD, dan (RSPI) Sulianti Saroso," ucap Widyastuti.

Gegara Corona, Bagaimana Nasib Laga Persija Vs Persebaya di GBK?:

[Gambas:Video 20detik]



(aik/idn)