Piton Mati Terpanggang Lindungi 20 Telurnya Akibat Karhutla di Riau

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 06:14 WIB
Ular Piton Mati Terpanggang
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Ular Piton ditemukan dalam kondisi mati terpanggang akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau. Ular tersebut ditemukan terpanggang bersama dengan 20 butir telur.

Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi, melalui Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto menyebut ular tersebut ditemukan mati terbakar pada Senin (2/3) sore, sekitar pukul 15.00 WIB. Ular sepanjang 4,5 meter mati dalam kondisi melindugi telurnya.

"Ular sepanjang 4,5 meter tersebut ditemukan dalam keadaan mati terpanggang oleh Tim Gabungan terdiri dari Polri, TNI, dan BPBD Kota Pekanbaru bersama dengan 20 butir telur ular, saat sedang berjuang memadamkan api Karhutla sejak Senin pagi," kata Sunarto dalam keterangannya, Rabu (4/3/2020).

Sunarto mengatakan kebakaran ini tidak hanya merugikan manusia, tapi juga mahluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Hampir, setengah hektar hutan terbakar di sekitar lokasi ular piton itu.

"Karhutla membawa bencana ekologis, hilangnya binatang-binatang, tanaman-tanaman khas suatu daerah, terutama di Riau," ujar Sunarto.

Selanjutnya
Halaman
1 2