Anies Sebut Kondisi Jakarta Genting Karena Virus Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 02 Mar 2020 19:43 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo. Seperti apa gayanya?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui Jakarta dalam kondisi genting karena ditemukan dua orang positif virus Corona di Indonesia. Dia meminta jajarannya untuk segera memberi respons.

"Kemudian kita menyadari ini situasi urgent atau situasi genting, karena itu segalanya harus dikerjakan dengan cepat dan harus responsif," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Menurut Anies, penemuan positif Corona berada di Depok. Sehingga, beberapa fasilitas umum di Jakarta, yang sering digunakan masyarakat Jabodetabek perlu mendapat perhatian.

"Nah status yang kita hadapi saat ini adalah sudah ditemukan di kawasan Jabodetabek. Di Jakarta, karena itu seluruh SKPD dan BUMD yang menyangkut kegiatan-kegiatan publik, malam hari ini langsung melakukan langkah-langkah praktis," kata Anies.

Beberapa alat untuk mencuci tangan dan alat pengukur suhu akan dipasang di lokasi transportasi publik. Sehingga memudahkan langkah Pemprov untuk antisipasi.

"MRT, TransJakarta, semua siapkan langkah praktis nanti anda sudah temui di lapangan ada untuk pencuci tangan pembersih tangan, termal gun untuk ukur suhu, semua disiapkan. Semua akan kita siapkan," kata Anies.

Namun, Anies mengaku masih terkendala alat ulur suhu tubuh. Dia akan mengusahakan pengadaan tambahan alat pengukur suhu.

"Jadi tadi salah satu yang kita bahas adalah pengalokasian sumber daya cukup agar punya termal gun. Karena jumlah termal gun yang tersedia terbatas," ucap Anies.

Cegah Penularan, Anies: Batuk, Pilek, Flu Gunakan Masker:

[Gambas:Video 20detik]



(aik/dhn)